Situ Kabuyutan Surga Tersembunyi Garut

Situ Kabuyutan Surga Tersembunyi Garut


 
 Deretan pohon pinus berdiri tegak menggapai birunya langit Garut Selatan. Mereka berjejer bersama pepohonan khas hutan hujan tropis lainnya dan tebing-tebing batu cadas, mengelilingi sebuah danau.
Rerumputan hijau yang menyelimuti tanah tampak mencium permukaan air danau yang berwarna kehijauan. Angin berembus melewati hutan yang rindang membelai permukaan danau sampai membentuk riak, mengaburkan cerminan pepohonan di sekitarnya.
Telinga dimanjakan dengan kicauan berbagai jenis burung dan alunan suara pepohonan yang tertiup angin. Burung-burung walet pun berterbangan di atas danau, dinaungi bayangan tarian awan di atas danau bernama Situ Kabuyutan ini.
Kesan damai dan sunyi menyelimuti danau yang tersembunyi dibalik perbukitan ini. Hamparan rerumputan hijau nampak mengajak para pengunjung untuk duduk atau tiduran sejenak sambil menikmati pemandangan alam di sekitar danau.
Situ Kabuyutan terletak di perbatasan antara Kecamatan Pakenjeng dan Kecamatan Bungbulang. Dari kawasan perkotaan atau pusat Kabupaten Garut , jaraknya sekitar 80 kilometer. Danau ini bisa diakses dari Jalan Pakenjeng-Bungbulang, tepatnya melalui cabang jalan di Desa Bojong, Kecamatan Bungbulang.
Beberapa puluh meter kemudian setelah memasuki kawasan hutan pinus milik Perhutani KPH Garut, perjalanan hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor. Maklum, hanya tersedia jalan setapak melewati hutan pinus menuju Situ Kabuyutan.
Medan jalan menuju danau pun kadang sangat curam dengan permukaan jalan berupa tanah dan bebatuan. Selain hutan pinus, pengunjung akan melintasi sejumlah hutan semak, kebun, atau sawah warga.
Walaupun pada akhir pekan, Situ Kabuyutan sangat sepi pengunjung. Tidak dipungut tiket masuk untuk memasuki area milik Perhutani ini. Di Situ Kabuyutan, warga yang mencari kayu bakar, pencari ikan dan udang, petani, penyadap getah pinus, dan pencari rumput, kerap dijumpai beraktivitas di sekitar danau.
Keindahan Situ Kabuyutan ini nampaknya menarik minat warga Kecamatan Garut kota,
Situ Kabuyutan ini nampak bersembunyi di balik perbukitan hijau di Garut Selatan. Danau yang dikelilingi cadas dan pohon pinus membuat Situ Kabuyutan tidak kalah indahnya dengan danau-danau di Swiss atau Amerika Serikat.

Sekian Dari Saya Dan Jangan Lupa Kunjugi Tempat Wisata Garut Lainnya yaaa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batu Tumpang Cikajang Garut

Saroja Kue Khas Lebaran Garut

Pantai Cidora Garut Yang Gak Kalah Sama Bali