Curug Cihanyawar Garut

Curug Cihanyawar Garut


 Sebelumnya kita sudah mereview wisata air terjun yang ada digarut, diantaranya Curug Neglasari dan Curug Orok, kali ini saya akan mereview salah satu objek wisata air terjun yang ada di daerah Cilawu Garut. Curug Cihanyawar begitulah warga sekitar meyebutnya berada di kawasan perkebunan teh dayeuh manggung PTP Nusantara VIII. Tepatnya di Desa Sukamumi, Kecamatan Cilawu, Kab. Garut, Jawa Barat. Curug ini Memiliki tinggi sekitar 16 M dan berada diketinggian sekitar 1000 meter DPL dan Aliran airnya berasal dari mata air Cikuray gunung cipadaruun.
 Curug ini paling sering dikunjungi oleh kaum muda-mudi. Menurut mitos warga sekitar jika mandi dicurug ini maka akan cepat mendapat jodoh. oleh karena itu muda-mudi yang mengalami kesulitan mencari jodoh datang ke curug ini untuk mandi dan berharap akan cepat menemukan jodoh mereka. Selain mitos yang beredar curug ini memiliki panorama yang begitu mempesona, udara yang sejuk dipadu dengan hamparan kebun teh alami. Pastinya akan menjadi pengalaman luar biasa dimana kita bisa menikmati keindahan alam ciptaan Sang Kuasa yang tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata.
Selain menikmati pemandangan disini kita juga bisa melakukan aktivitas lainnya seperti tracking, piknik, dan berfotografi. Flora yang paling dominannya ialah pohon kawung, pinus, dan lisamara, sedangkan faunanya kebanyakan ular, babi hutan, tupai, musang, dan bermacam jenis burung. Fasilitas dikawasan ini masih minim, fasilitas yang ada berupa masjid yang terletak di pemukiman penduduk, dan 5 buah shelter yang berada 50 meter dari air terjun. Untuk akomodasi kulinernya mash belum tersedia, namun jika pengunjung ingin bermalam ada hotel yang ada di ngamplang.
Lokasi ini berjarak sekitar 15 km dari pusat kota garut. Untuk menuju kesana pengunjung dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan kota dengan jurusan terminal Guntur-Bojongloa. Ini mungkin bisa menjadi alternative liburan wisata anda berikutnya. Sekian artikel Keindahan Curug Cihanyawar dari saya semoga dapat membantu menambah wawasan anda tetang Wisata Garut.

Sekian Dari Saya Dan Jangan Lupa Untuk Mengunjungi Tempat Wisata Garut Lainnya yaa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batu Tumpang Cikajang Garut

Saroja Kue Khas Lebaran Garut

Pantai Cidora Garut Yang Gak Kalah Sama Bali