Curug Ciarjuna, Curug Dengan Nama Pewayangan

Curug Ciarjuna Garut


 Curug ini dinamakan Curug Ciarjuna (Iya, Arjuna sang Pandawa Lima) dan berada di desa Panawa. Mungkin kah Panawa ini bahasa lain dari kata Pandawa? Ini mengacu pada dialek orang sunda yang kadang menghilangkan ejahan ‘d’ setelah ejahan ‘n’. Contoh katanya adalah ‘sendok’ yang kadang sering disebut ‘senok’. Atau kata ‘sendal’ menjadi ‘senal’. Dan ‘Pandawa’ menjadi ‘Panawa’, betul kan? Saya tidak sempat mencari tahu asal usul desa Panawa dan Curug Ciarjuna. Maklum capek di jalan.
Desa Panawa, letaknya sangat terpencil, jauh dari kota sangat sulit dijangkau. Desa ini berada di kaki Gunung Papandayan dan berbatasan langsung dengan Pangalengan. Untuk sampai di sini diharuskan untuk melewati hutan dan perkebunan teh yang sangat luas. Tapi di desa ini menyimpan surga yang keindahannya tak tertandingi. Salah satu keindahan itu dan yang sedang ngehits akhir-akhir ini adalah Curug Ciarjuna.

Curug ini berada di Cikopo, Desa Panawa, Kec Pamulihan. Curug ini memang belum se terkenal Curug Sanghiyang Taraje yang sudah lebih dulu ngehits. Curug Ciarjuna ini mudah ditemukan tapi susah di jangkau. Curug ini juga relatif sangat jarang dikunjungi karena memang susah untuk dijangkau. Tapi keindahannya sungguh mengagumkan.

Sekian Dari Dan Jangan Lupa Untuk Mengunjungi Tempat Wisata Garut Lainnya Yaaa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batu Tumpang Cikajang Garut

Saroja Kue Khas Lebaran Garut

Pantai Cidora Garut Yang Gak Kalah Sama Bali