Cara Membuat Awug Asli Garut

Awug


 Pamor awug sebagai makanan tradisional tak pernah pudar. Betapa cita rasanya sudah dikenal sejak zaman baheula bahkan hingga sekarang. Penikmatnya tak hanya orang tua, kalangan muda bahkan anak-anak pun menggemarinya.

Di Garut, keberadaan awug dapat dijumpai di sejumlah sudut kota dan disajikan dengan harga beragam. Rupanya, cita rasa awug bukan hanya lahir dari bahan dan cara pengolahannya, tapi juga cara menghidangkannya.

Awug adalah satu dari sekian banyak penganan khas masyarakat Sunda atau Jawa Barat. Diolah dari tepung beras (paré) yang dicampur dengan air, garam, gula merah dan kelapa parut serta dimasak dengan cara dikukus.

Akan tetapi, dikukus dengan perabot dapur beranyam bambu bernama aseupan, awug menjadi makanan khas. Selain bentuknya serupa kerucut, juga telah menjadi tradisi turun-temurun. Berbeda jika dikukus seperti biasa dengan perabot yang lebih modern. Lain pula aroma dan auranya.

Adonan awug lazimnya dibuat berlapis. Lapisan ini terbentuk dari dua warna. Warna putih dari tepung beras dan warna merah kecokelatan berasal dari gula merah (aren).

Berikut adalah cara pembuatan Awug.

Bahan-bahan

*Tepung beras ¼ kg, kualitas bagus

*Tepung beras ketan ¼ kg, kualitas bagus

*Air bersih ½ liter

*Garam dapur 2 sdt

*Kelapa 1 btr, parut

*Gula merah ¼ kg, sisir halus

*Daun pisang untuk oh dear secukupnya

Cara membuat Awug khas Garut

*Kumpulkan bahan-bahan berupa garam, air, tepung ketan dan tepung beras lalu tuangkan dalam satu wadah adonan. Aduk merata lalu tambahkan dengan bahan berupa parutan kelapa.

*Berikutnya, bagi adonan hingga menjadi beberapa bagian dan masing-masingnya diberi tambahan gula merah pada bagian tengah adonan sebagai bahan isi, kemudian selimuti dengan daun pisang yang sudah disiapkan dan masukkan ke dalam pengukusan.

*Tunggu sampai Awug menjadi matang dan siap untuk dimakan.

*Alternatif lain jika tidak menggunakan daun pisang ialah dengan menggunakan loyang.

*Caranya dengan mengolesi terlebih dahulu permukaan loyang dengan minyak agar tidak lengket lalu tuangkan adonan di atasnya. Tambahkan gula merah pada bagian atas adonan lalu timpah kembali dengan adonan awug lainnya. Setelah itu, masukkan ke dalam pengukusan dan tunggu hingga matang.

*Angkat dan Awug siap disajikan.  


Oke Gengs buat kalian yang ingin liburan ke Garut dan masih bingung cari tempat Penginapan dekat tempat wisata, muat untuk banyak orang dan harga nya terjangkau GarutHomestay tempatnya.


Sekian dari Saya dan jangan lupa cicipi makanan khas Garut lainnya yaa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batu Tumpang Cikajang Garut

Saroja Kue Khas Lebaran Garut

Pantai Cidora Garut Yang Gak Kalah Sama Bali