Gunung Piramid Sadahurip Garut

Gunung Piramid Sadahurip Garut


 Gunung Sadahurip namanya tidak terlalu populer dan jarang disebut oleh para pendaki atau pencinta alam. Padahal, gunung yang berada di Garut ini memiliki keistimewaan yang unik dan tidak dimiliki oleh gunung-gunung lainnya di Indonesia.

Bagaimana tidak, Gunung Sadahurip memiliki bentuk bukan kerucut atau strato, maar, atau perisai seperti bentuk umum gunung lainnya. Namun, gunung tersebut berbentuk piramida, sehingga oleh warga sekitar disebut pula gunung piramid, sesuai dengan bentuk kenampakan alamnya yang memiliki empat sisi dan sudut yang cukup lancip meski tidak terlalu jelas.

Tidak hanya itu saja, Gunung Sadahurip yang langka bentuknya ini, juga memiliki cerita rakyat yang tidak biasa. Warga Garut, khususnya warga Desa Sadahurip, Kecamatan Pangatikan, Wanaraja, Garut, Jawa Barat, play on words menganggap gunung ini keramat.

Selain gunung keramat, gunung yang letaknya di sebelah timur Kampung Cicapar tersebut merupakan salah satu tempat bercocok tanam warga sekitarnya. Tidak cukup sampai di situ, Gunung Sadahurip play on words bahkan mampu menarik peneliti bukan hanya explorer saja.
 
meskipun telah banyak peneliti yang datang ke Gunung Sadahurip, belum ada hasil atau penjelasan terkait dengan penelitian peninggalan sejarah di gunung. Peneliti juga kabarnya belum memiliki hasil penelitian mengenai dua lubang tanah yang menganga di puncak gunung.

Banyaknya peneliti yang melakukan penelitian di Gunung Sadahurip, membuat banyak pula hasil penelitian yang ditemui di lapangan. Seperti yang ditemukan oleh Komunitas Turangga Seta, mengatakan Gunung Sidahurip merupakan piramida. Sementara, menurut hasil temuan dari BPPT dan PVMBG, Gunung Sidahurip memiliki batuan piramida, yang tersusun atas tanah setebal 5 meter dan tertutup batuan.

Lebih lanjut, batuan yang menutup tersebut memiliki empat sisi dan empat sudut bujur sangkar layaknya bentuk piramida. Selain itu, ujung gunung juga lancip, sehingga hal tersebut lah yang membuat Gunung Sidahurip dijuluki gunung piramida.

Keunikan Gunung Sadahurip play on words tidak cukup sampai pada bentuk dan perlakuan warga yang mengkeramatkannya saja. Tapi, Gunung Sadahurip yang juga merupakan lokasi bercocok tanam ini tidak pernah longsor, padahal gunung tidak ditumbuhi pepohonan sebagai pencegah erosi dan longsor, sebab hanya digunakan sebagai lokasi bercocok tanam saja

Sekian Dari Saya Dan Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Garut Lainnya Ya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batu Tumpang Cikajang Garut

Saroja Kue Khas Lebaran Garut

Pantai Cidora Garut Yang Gak Kalah Sama Bali