Ladu, Yang Tak Kalah Enak Dari Dodol

Ladu


 Oke Gengss kali ini saya mau ngebahas sedikit tentang Ladu yang asli makanan khas Garut nihhh dan sering ditemui di pesta pernikahan di Garut.

Ladu merupakan makanan khas Garut mempunyai tekstur yang mirip dengan dodol namun sedikit lebih kasar dan sedikit lebih keras. Ladu terbuat dari tepung ketan berwarna putih yang diolah dengan campuran gula aren dan parutan kelapa. Rasanya manis namun tidak terlalu dominan, beda dengan dodol yang mempunyai rasa dominan manis sehingga terkadang membuat eneg. Tekstur ladu yang sedikit agak kasar tentunya memberi sensasi tersendiri saat dikunyah. 

Bahan-bahan
  • 1 liter beras ketan hitam (boleh di campur ketan putih 1/2 liter ketan item 1/2 liter)
  • 1 biji kelapa parut yang agak muda
Cara Membuat Ladu
  1. Beras ketan hitam di sangrai sampai kriuk, sedikit-sedikit sangrainya, kalau sudah dingin di bikin tepung.
  2. Kelapa di sangrai, kalau sudah kriuk di ulek ulek biar halus.
    Campur bahan tepung sama kelapa sangrai kasih garam 1 sdt sisihkan.
  3. Masak gula aren 500 gr dan 250 gr gula pasir dan 2 sachet susu kental manis dengan air 900 ml sampai mendidih dan berbuih (air gula akan berkurang atau agak kental).
  4. Masukan air gula ke dalam campuran tepung tadi aduk dalam keadaan panas. Ambil kira-kira 1 genggam adonan yang masih panas dan di bentuk sesuai selera, (biar nggak lengket ke tangan pakai sarung tangan plastik kalau aku pakai plastik biasa). 
  5.  
Oke Gengs buat kalian yang ingin liburan ke Garut dan masih bingung cari tempat Penginapan dekat tempat wisata, muat untuk banyak orang dan harga nya terjangkau GarutHomestay tempatnya.
Sekian dari Saya dan jangan lupa cicipi makanan khas Garut lainnya yaaa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batu Tumpang Cikajang Garut

Saroja Kue Khas Lebaran Garut

Pantai Cidora Garut Yang Gak Kalah Sama Bali