Pantai Manalusu Garut Yang Masih Jarang Pengunjung

Pantai Manalusu Garut Yang Masih Jarang Pengunjung

 Pantai Manasulu. Nama pantai ini memang tidak se-populer pantai lainnya di Garut. Bahkan warga Garut sendiri tidak semua mengetahui keberadaan pantai yang satu ini. pantai ini mulai terkenal karena banyaknya reviewer dari pengunjung melalui sosial media yang kemudian tersebar. Pantai ini belum dijadikan pantai komersial oleh pemerintah Garut, oleh sebab itu fasilitas sangat minim.

Tiket Masuk 

Pengunjung yang datang ke pantai Manaslu tidak dikenakan biaya masuk alias gratis untuk umum. Oleh karenanya pantai ini sangat cocok sebagai destinasi wisata bersama keluarga besar atau rombongan. Pengunjung akan dikenakan tarif parkir sebesar Rp 3.000 – Rp 5.000-, tergantung jenis kendaraan. Biaya tersebut sudah termasuk biaya penjagaan kendaraan dan dilakukan oleh warga sekitar.

Aksebilitas 

Bagi wisatawan yang datang dari arah kota Garut, ada dua jalur alternatif yang bisa dilalui jika ingin mengunjungi pantai Manaslu. Pantai yang tepatnya berada di desa Cigadog, kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut ini bisa bisa ditempuh melalui jalan Raya Garut – Cikajang kemudian lurus ke selatan sampai jalan Cikajang. Setelah itu melewati daerah Ciparay. Hati-hati  karena jalannya berliku.
Selantujnya diteruskan lurus ke selatan sampai jalan Raya Cihurip dan tiba di jalan Cisompet. Dari jalan Cisompet masih lurus ke selatan sampai jalan Raya Cigodeg dan menemukan pertigaan simpang kiri dan kanan. Ambil arah kanan belok ke jalan Cilauteureun kemudian lurus ke barat. Jalan Cilauteureun ini merupakan sambungan jalur Trans Jawa Barat jadi akan banyak bis dan kendaraan besar yang melintas.
Pengunjung yang datang dari arah kota Garut juga bisa melewati Jalan Raya Samarang kemudian lurus ke selatan sampai jalan Raya Simpang – Samarang diteruskan sampai jalan Raya Garut – Cikajang. Di pertigaan antara  jalan raya Cikajang, belok kanan ke arah jalan Raya Cibuluh. Kemudian perjalanan dilanjutkan kembali ke selatan sampai jalan Raya Simpang Cikandang.
Selanjutnya melewati jalan Raya Depok Bungbulang dan diakhiri dengan jalan Raya Ranca Buaya. Sampai di pertigaan Jalan Raya Ranca Buaya ( Depan Alfamart Rancabuaya), belok ke kiri menuju arah kecamatan Cikelet. Jalur yang dilewati merupakan jalur Trans Jawabarat yang terhubung dengan jalur alternatif yang melewati daerah Ciparay ( sudah dijelaskan sebelumnya).
Lokasi pantai Manaslu persisi berada di tepi jalur Trans Jawa Barat sehingga pengunjung tidak perlu masuk ke gang atau jalan setapak lainnya. adapun pantai ini juga memiliki papan penananda jalan yang berfungsi menginformasikan letak pantai Manaslu dengan akurat. Di sekitar pantai juga terdapat banyak bangunan seperti penginapan, perbelanjaan dan perkantoran sehingga lokasi pantai ini mudah ditemui.

Sekian Dari Saya Terima Kasih Telah Membaca Artikel Ini Dan Jangan Lupa Kunjungi Tempat Wisata Garut Lainnya yaaaa

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batu Tumpang Cikajang Garut

Saroja Kue Khas Lebaran Garut

Pantai Cidora Garut Yang Gak Kalah Sama Bali