Pantai Cijeruk

Pantai Cijeruk


Pantai Cijeruk yang tepatnya berada di desa Sagara, kecamatan Pameungpeuk, kabupaten Garut ini seringkali dijuluki sebagai pantai yang masih perawan. Julukan tersebut disematkan karena pantai ini berada di kawasan pedalaman serta keberadaan pantai yang sangat jarang terekspos. Bahkan hanya sebagian dari masyarakat Garut yang mengetahui keberadaan dan lokasi pantai ini.

Tiket Masuk

Sebenarnya tidak ada tiket masuk khusus yang harus dibayar oleh wisatawan ketika berkunjung ke Pantai Cijeruk. Pengunjung bisa masuk dengan bebas tanpa dikenakan biaya dengan syarat tidak boleh merusak atau mencemari pantai. Akan tetapi biasanya pengunjung akan dikenakan biaya parkir dengan tarif parkir standar untuk kendaraan, tergantung pada jenis kendaraan yang dibawa.
Untuk jam operasional pantai Cijeruk, pengelola memberlakukan aturan membuka area pantai mulai dari jam 07.00 – 17.00 WIB. Jam operasional tersebut bisa saja berubah tergantung dari keputusan petugas pengelola. Biasanya jika sedang ramai pengunjung, jam tutup akan ditambah 1 hingga 2 jam agar pengunjung yang datang terakhir bisa menikmati pemandangan pantai dengan lebih lama.

Aksebilitas

Sebenarnya jika dilihat secara geografis, pantai ini lebih dekat jika ditempuh dari kota Tasikmalaya meski pantai secara historis masuk ke dalam wilayah Garut. Bagi pengunjung yang datang dari arah kota Garut, ada jalur alternatif yang bisa dilalui. Pertama, melewati jalan Raya Garut – Cikajang, lurus ke selatan sampai menemukan jalan Cikajang yang dilanjutkan dengan jalan Amblas.
Selanjutnya melewati Ciparay sampai menemukan jalan Raya Cisompet lurus terus ke selatan sampai pertigaan jalan Cigodeg. Dari pertigaan tersebut belok kiri menuju jalan Sirna Bakti.  Dari jalan sinar Bakti lurus ke timur melewati jalan Miramareu. Sampai menemukan sebuah gardu yang mengarahkan ke pantai Cijeruk. Untuk ke lokasinya melewati jalan kecil ke dalam dan sedikit curam.
Sedangkan pengunjung yang datang dari arah kota Tasikmalaya, jalur alternatif yang ditawarkan yakni menggunakan jalan Perintis Kemerdekaan lurus ke selatan sampai jalan karangnunggal kemudian melewati jalan Syekh Abdul Muhyi, jalan  Raya Sukaraja, jalan Cibalong, sampai menemukan jalan raya Karangnunggal lagi. Setelah itu melewati jalan Bantar Kalong lurus ke selatan.
Sampai menemukan pertigaan pada jalan Raya Cipatujah kemudian belok kanan ke arah jalan Ciandum. Dari jalan Ciandum perjalanan dilanjutkan ke arah barat yakni melewati jalur Trans Jawa Barat. Hingga menemukan sebuah tanda jalan yang mengarahkan ke pantai Cijeruk. Untuk masuk ke lokasi pantai akan melewati jalan yang sedikit curam sehingga perlu untuk lebih berhati-hati.

Sekian Dari Saya Jangan Lupa Untuk Mengunjungi Tempat Wisata Garut Lainnya Yaaaa.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batu Tumpang Cikajang Garut

Saroja Kue Khas Lebaran Garut

Pantai Cidora Garut Yang Gak Kalah Sama Bali