Gunung Papandayan, Taman Wisata Alam di Garut

Gunung Papandayan

Gunung Papandayan adalah gunung programming interface strato yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat tepatnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 meter di atas permukaan laut itu terletak sekitar 70 km sebelah tenggara Kota Bandung.
Pada Gunung Papandayan, terdapat beberapa kawah yang terkenal. Di antaranya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Kawah-kawah tersebut mengeluarkan uap dari sisi dalamnya. Topografi di dalam kawasan curam, berbukit dan bergunung serta terdapat tebing yang terjal. Menurut kalisifikasi Schmidt dan Ferguson termasuk type iklim B, dengan curah hujan rata-rata 3.000 mm/thn, kelembaban udara 70 – 80 % dan temperatur 10 °C.

Daya Tarik

1.Kawah



Salah satu objek yang paling utama di TWA Gunung Papandayan adalah sisa letusan gunung berapi yang hingga saat ini masih tetap aktif, kawah ini terakhir kali terjadi letusan pada tahun 2002 dimana sebelum terjadi letusan terdapat nama-nama kawah diantaranya ada kawah yang bernama kawah si balagadama karena kawah ini adalah yang terbesar saat itu juga ada kawah emas karena kawahnya berwarna kuning emas dari warna belerang dan ada banyak nama-nama kawah lainya yang menarik namun kini kawah tersebut sudah tidak ada akibat letusan terakhir tahun 2002, sekarang kawah gunung papandayan sudah menjadi satu dan sangat besar dan terdapat danau sisa letusan di pusat kawah berapi. Awas ya sob jangan loncat ke kawah nya hahahahah.

Oh Ya Sob Buat Yang Mau Travel Ke Garut Yang Masih Bingung Cari Tempat Penginapan Nih Recomended Banget Sob :
GarutHomestay Dijamin Sob Mantulllll Pisannn

2.Hutan Mati 



Nahhhh ini nih sob salah satu Spot foto terbaik Yaitu Dead Forest atau bisa disebut hutan mati dimana memiliki pemandangan yang sangat eksotik yang menawarkan sebuah panorama memanjakan setiap wisatawan yang datanng ke tempat ini, karena jika ke tempat ini seakan berada di planet lain sob yang pohonnya seakan tak hidup di sanding dengan lukisan panorama puncak gunung papandayan.

3.Padang Bunga Edelwiss 



Lah ini nihh yang menurut saya yang terbaik di Gunung Papandayan ini nih sob
yaitu Bunga Edelwiss atau yang terkenal dengan keabadiannya, namun yang berbeda disini yaitu terdapat sebuah padang bunga yang semuanya terhampar luas berisi bunga keabadian.Ini juga menurut saya adalah spot foto termantul di Gunung Papandayan sobbb. Awas ya jangna di petik sobb.

Akses Menuju Papandayan

Bagi pengunjung yang menggunakan transportasi umum baik dari Jakarta, Bogor maupun Bandung dan sekitarnya, pengunjung terlebih dahulu harus berangkat menuju Terminal Guntur Garut dan kemudian melanjutkan perjalanan menuju kaki gunung. Apabila pengunjung tiba di Terminal Guntur Garut pada dini hari, silakan menggunakan angkot minibus menuju pertigaan Pasar Cisurupan dan lanjutkan dengan menumpangi mobil pickup yang sengaja mengetem menunggu pendaki. Hingga penuh, barulah angkutan pickup tersebut berangkat. Apabila pengunjung menumpang kendaraan pribadi, silakan langsung saja menuju kaki gunung karena tempat parkirnya cukup luas. 

 Okeeee Sobbbb Sekian Dulu Dari Saya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batu Tumpang Cikajang Garut

Saroja Kue Khas Lebaran Garut

Pantai Cidora Garut Yang Gak Kalah Sama Bali