Curug Cibadak Cihurip Garut

Curug Cibadak


 Keindahan dan kekayaan garut selatan tidak hanya terletak pada pantainya saja, namun sekarang ini di media sosial sudah banyak bermunculan objek wisata curug/air terjun di daerah Garut selatan, salah satunya yaitu Curug Cibadak yang berlokasi di desa cisangkal Kecamatan Cihurip Kabupaten Garut. Menurut warga sekitar, Dinamakan Curug Cibadak karena Curug Ini terletak di aliran sungai Cibadak dan memiliki debit air yang besar atau dalam bahasa sunda yaitu “Badag”.
Curug cibadak ini mulai dikelola oleh masyarakat desa cisangkal sekitar akhir taun 2016 dengan memberlakukan tiket masuk. walaupun sudah mulai dikelola, namun keadaan curug masih sangat asri dan belum ada penambahan fasilitas dikarenakan sumber daya dan sumber dana yang terbatas. Walaupun berada di daerah pelosok garut, namun keindahan Curug Cibadak yang memiliki dua tingkatan air terjun ini mulai menarik pengunjung dari dalam maupun luar kota Garut.
Ketinggian Curug Cibadak ini pernah di ukur oleh tim pemanjat tebing dan tim Ekspedisi dari Metro TV. Ternyata setelah diukur dari titik air terjun pertama, Curug Cibadak memiliki ketinggian lebih dari 100 M yang tentunya melebihi ketinggian curug sanghiyang taraje.
Letak Curug Cibadak tidak jauh dari jalanan desa yaitu berada di samping kiri jalan, bahkan dari jalan pun anda sudah bisa menikmati Pemandangan Curug Cibadak karena letak nya yang hanya beberapa meter dari jalanan desa, sehingga untuk menuju lokasi tidak diperlukan trekking yang terlalu jauh. View disekitaran Curug berupa pemandangan hijau pesawahan dan perkebunan warga yang masih sangat asri.

Akses 

Kondisi jalan dari Garut Kota menuju Cihideng (Gapura Cihurip) masih sangat baik, Setelah memasuki kawasan Cihurip, kondisi jalan mulai berlubang dan banyak ditemui tanjakan dengan tikungan tajam, tidak hanya itu kondisi jalanan juga tidak terlalu lebar tapi tidak usah khawatir karena jalanan masih bisa dilewati oleh kendaraan roda 4 termasuk bis kecil. Namun setelah memasuki desa Cisangkal kondisi jalan sudah mulai terjal dan rusak parah dengan material bebatuan sehingga disarankan untuk tidak menggunakan mobil sedan atau mobil mobil dengan suspensi rendah dan lebih cocok ditempuh menggunakan motor trail atau mobil jeep.

Sekian Dari Saya Jangan Lupa Untuk Mengunjungi Tempat Wisata Garut Lainnyaa yaaa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Batu Tumpang Cikajang Garut

Saroja Kue Khas Lebaran Garut

Pantai Cidora Garut Yang Gak Kalah Sama Bali